:

14 Desember 2007

Menghalau Stres Saat Ujian

Oleh: Fara Mariyah Djuchri*

Stres bisa menimpa siapa saja. Baik laki-laki maupun perempuan, tua, muda, bahkan anak-anak, semua bisa dilanda stres. Di kalangan pelajar, stres biasanya datang menjelang atau kala ujian tiba.

Stres saat ujian bisa banget terjadi, apalagi pada pelajaran yang sulit buanget... Kalau nggak diatasi, bisa kacau balau! Yang bisa terjadi, nilai jelek dan yang menakutkan, kemarahan orang tua kita. Jadi, J- Magz punya beberapa tips untuk yang stress...

1. Siapkan Peralatan Ujian yang Lengkap
Mempersiapkan peralatan dengan lengkap itu wajib hukumnya. Peralatan sekolah seperti pensil 2b, pulpen, dan penghapus, jangan sampai ketingalan!

2. Datang Lebih Cepat
Usahakan datang jangan terlambat agar kamu punya waktu untuk belajar dan mempersiapkan mental dan fisik kamu.

3. Jangan Tegang, Tetap Santai dan Percaya Diri
Hindari pikiran negatif yang membuat kamu gelisah dan tegang, seperti perasaan takut gagal.

4. Hindari Menyontek
Terkadang jika kamu kesulitan dalam mengerjakan ulangan atau ujian, atau ragu akan jawaban sendiri, kamu bisa saja melihat pekerjaan teman. Sebaiknya ini dihindari, karena jika kamu menyontek, kemungkinan terjeleknya kamu ketahuan oleh pengawas. Makanya, percaya diri and do your own !

5. Jangan Terburu-buru, dan Check It Again
Sebaiknya jangan terburu-buru dan check pekerjaan kita sampai 3 kali. Kalau sudah merasa benar, baru kumpulkan pekerjaanmu.

Nah, mudah-mudahan tips di atas berguna bagi kamu untuk menghalau stres yang menghadang kala ujian tiba. Ingat, ketimbang dilanda stres karena memikirkan ujian, lebih baik kamu “sedia payung sebelum hujan”. Mengulang pelajaran di rumah sebaiknya dilakukan secara rutin, jangan belajar hanya pada saat menjelang ujian tiba!

*Penulis adalah murid SMP Global Mandiri Kelas 8 Copernicus



[+/-] Selengkapnya...


Tidak ada komentar: