:

05 Januari 2008

Happy Valentine’s (Every) Day

Setiap kali datang 14 Februari, Valentine’s Day, begitu orang banyak menyebutnya. Nuansa pink atau merah muda sebagai warna ‘kebangsaan’ Valentine’s Day ramai menghiasi sejumlah pusat perbelanjaan, mal, plaza, dan toko. Aneka hiasan berbentuk hati yang didominasi warna merah jambu, mulai tampak di tempat-tempat tersebut. Selain itu, beberapa program khusus Valentine jauh-jauh hari juga sudah disiapkan pemilik toko maupun di pusat-pusat perbelanjaan.

Program menu masakan atau acara makan malam romantis bernuansa Valentine ditawarkan rumah makan atau restoran. Harga khusus, games, spesial romantic music, dan pemilihan tamu dengan kostum terbaik pun digelar.
Biasanya, para pengunjung, khususnya anak muda, sangat antusias dengan program diskon di pusat perbelanjaan. Maklum, penampilan harus oke kala bertemu si dia saat hari H untuk bertukar kado. Ya, Valentine’s Day ini identik pula dengan tukar-menukar kado. Bisa berupa cokelat, bunga, perhiasan, kaset/CD dan hadiah spesial lainnya. Disadari atau tidak, perayaan dari budaya Barat ini pun telah diserap oleh orang-orang Indonesia. Sudah banyak orang Indonesia yang merayakannya dengan kebiasaan masing-masing.
Tak hanya itu, beragam paket hantaran spesial Valentine pun ditawarkan oleh pemilik toko atau rumah makan. Tema Valentine menarik para pebisnis ritel yang berkaitan dengan barang-barang untuk hadiah. Tentu mereka melihat suatu peluang yang sama-sama menguntungkan penjual dan pembeli. Motivasi para pedagang untuk menawarkan barang-barang bertema Valentine. Pembeli pun mencari nilai tambah suasana hidup dengan ungkapan kasih.
Peringatan tersebut memang datang dari Barat. Ini dirayakan sebagai suatu perwujudan cinta kasih seseorang. Perwujudan yang bukan hanya untuk sepasang muda-mudi yang sedang jatuh cinta. Namun, ini memiliki makna yang lebih luas lagi. Di antaranya kasih antara sesama, pasangan suami-istri, orang tua-anak, kakak-adik dan lainnya.
Sebenarnya, Valentine’s Day atau yang punya nama lain hari kasih sayang, bisa dirayakan setiap saat. Tak harus pada 14 Februari. Dan yang menerima kasih sayang pun tak harus kekasih tercinta, tapi lebih luas maknanya. Jadi, orangtua tersayang, rasanya lebih layak kita berikan ungkapan kasih saat Valentine tiba. Happy Valentine Everyday!



[+/-] Selengkapnya...


Tidak ada komentar: