:

28 Januari 2009

Al-Fauzien Gelar Seminar Bahaya Sinar Biru Terhadap Anak

Salah satu penyebab rusaknya perkembangan mata adalah bahaya dari sinar biru. Sinar biru adalah sinar dengan panjang gelombang antara 400-500 mm pada sprektrum sinar yang masih dapat diterima oleh mata. Sinar ini bisa mencapai retina dan menimbulkan luka fotokimia pada retina mata anak dan menyebabkan macula degenerasi yang terjadi pada saat dewasa. Dalam waktu yang singkat, dampak sinar biru bisa menggangu kerja retina hingga menghambat proses pembelajaran anak yang diperoleh lewat fungsi visualnya.

Sumber sinar biru yang paling dekat dengan anak adalah pancaran sinar matahari, layar televisi, lampu neon dan komputer. Perlindungan sinar biru haruslah dilakukan sedini mungkin. Sebagai orangtua, seringkali kita tak menyadari hal tersebut.
Nah, untuk menggugah kesadaran orangtua dan masyarakat banyak, maka pada Minggu, 21 Desember 2008, bertempat di Margo City, TK Al-Fauzien menggelar acara seminar bertajuk “Bahaya Sinar Biru Terhadap Anak”. Kegiatan tersebut diselengarakan bekerjasama dengan pihak Wyeth. Dalam seminar, TK Al–Fauzien menampilkan Peformance Angklung yang pernah pula dilombakan antar TK se–Depok dan TK Al–Fauzien meraih juara ke-II.
Dalam seminar disebutkan, perlindungan sinar biru haruslah dilakukan sedini mungkin. Salah satunya adalah dengan asupan Lutein yang sangat membantu melindungi mata terutama retina, dari kerusakan dengan cara menyaring sinar biru dan juga berperan sebagai antioksidan dengan cara menetralisir radikal bebas. Kebutuhan akan Lutein harus disuplai dari luar tubuh yang salah satu sumbernya adalah dari makanan yakni sayuran, buah, suplemen dan terutama ASI. Ini disebabkan, tubuh kita tidak dapat mensintesakan Lutein

Tidak ada komentar: