:

28 Januari 2009

Mencari Rumah Kedua Bagi Si Kecil

Sekolah adalah rumah kedua bagi anak kita karena sebagian waktu anak akan dihabiskan di sana. Karenanya sangat penting memilih sekolah yang cocok, nyaman, aman dan tepat bagi si kecil.
Sebagai orangtua, Anda harus tahu apakah kurikulum atau yang diajarkan di sekolah tersebut sudah cocok dengan keinginan dan sesuai dengan buah hati Anda?


Selain itu, ada banyak pertanyaan penting yang harus Anda resapi, seperti apakah Anda merasa tenang saat si kecil berada di sekolah? Apakah si kecil tampak senang selama di sana? Inilah pertanyaan penting yang harus Anda temukan jawabannya sebelum memutuskan pilihan sekolah untuk anak. Jangan sampai Anda menyesal kemudian.
Nah, agar Anda tak pusing saat mencari sekolah untuk buah hati, di bawah ini ada beberapa kiat mencari sekolah untuk anak Anda:

Cari Informasi

Anda perlu berhati-hati dan selektif dalam mencari dan memilih sekolah untuk anak terutama anak usia balita (yang akan masuk taman kanak-kanak atau playgroup). Sebab, usia itu merupakan masa keemasan yang sangat penting dan menentukan bagi perkembangannya kelak. Panca indera anak usia “emas” cepat sekali menyerap berbagai hal, entah buruk ataupun baik. Jadi, jangan pernah menyekolahkan anak di sekolah yang tidak Anda kenal dengan baik. Jangan lupa, tanyakan kepada kerabat, saudara, tetangga, ataupun teman Anda. Coba juga cari informasi dari pihak sekolah baik dengan cara berkunjung ke sekolah. Dari pihak sekolah tersebut Anda dapat memperoleh informasi mengenai biaya sekolah, guru, jam masuk sekolah, kebijakan sekolah dan sebagainya.

Datang Ke Sekolah

Sempatkan diri untuk berkunjung ke sekolah, untuk melihat dari dekat dan lebih detail lingkungan di dalam sekolah secara fisik, serta merasakan dari dekat suasana proses belajar mengajar, dan kondisi lingkungan di sekitar sekolah. Lihat, bagaimana kondisi kelas untuk belajar, kondisi lapangan untuk bermain, kondisi kamar mandi, fasilitas-fasilitas yang disediakan sekolah, dan sebagainya. Bagaimana guru mengatur jadwal, memberi pelajaran, membimbing anak-anak, dan sebagainya.
Perhatikan, bagaimana kondisi lingkungan sekitar sekolah, apakah lokasi dekat jalan raya yang aman dari kecelakaan, kebersihan di sekitar sekolah , dan sebagainya. Jika Anda menemukan jawaban yang memuaskan, ajak si kecil ke sekolah tersebut. Perhatikan reaksi anak pada sekolah tersebut. Bila anak merasa nyaman dan Anda merasa tenang meninggalkannya di sana, Anda boleh memilih sekolah tersebut.

Tidak ada komentar: