:

30 Maret 2009

Kreatif Menyiasati Krisis Ekonomi Global

Krisis global yang kini sedang melanda dunia internasional, termasuk Indonesia, telah membuat ribuan tenaga kerja di sejumlah perusahaan-perusahaan besar harus dirumahkan. Hal ini tentu membuat kita tak bisa berdiam diri dan merenung memikirkan nasib. Justru kita harus segera bangkit dari keterpurukan itu dan memutar otak, bagaimana cara yang paling kreatif untuk menghasilkan uang dari bisnis yang sesungguhnya bisa kita bangun sendiri.

Kreatifitas bisa datang kapan saja menghampiri otak kita. Asal Anda niat, ide-ide kreatif bisa muncul darimana saja. Ketika Anda ingin memanggil kreatifitas Anda dalam menentukan bisnis apa yang akan Anda geluti, maka sebaiknya, Anda menggali dulu potensi atau hobi apa yang dimiliki oleh diri Anda, yang bisa dijadikan peluang bisnis. Bisnis berdasarkan hobi akan menyenangkan bagi anda sekaligus menghasilkan uang. Pikirkan hobi yang pernah anda jalankan dan pikirkan pula alokasi waktu luang untuk menunjang hobi anda.
Banyak bisnis rumahan yang dibangun atas dasar kemampuan teknis dan juga jasa, dan banyak pula yang didasari atas kemampuan mengembangkan seni dan kerajinan.
Jika Anda sedang kehabisan inspirasi, mungkin artikel berikut ini bisa menjadi masukan berharga, dalam memilih bisnis apa yang akan Anda tekuni.
• Studio Seni dan Kerajinan Tangan. Jika melukis atau menggambar adalah hobi anda, buatlah studio seni di rumah. Selain mendapatkan tempat untuk mengerjakan hobi anda, bisa juga anda melakukan bisnis dengan membuka kursus atau pelatihan. Untuk menambah keunikan, Anda juga bisa menggunakan barang-barang bekas sebagai asesoris yang Anda gunakan.
• Bisnis Fotografi. Dengan bermodal kamera digital, komputer dan printer, serta penguasaan teknik retouch foto, maka anda dapat menjalankan bisnis ini dari bawah.
• Seni Musik. Biasanya ada saja orang yang tertarik untuk mengikuti pelajaran seni musik, atau seni suara. Jika anda mempunyai latarbelakang di bidang itu maka anda juga bisa menularkannya pada siapa yang membutuhkan. Tak perlu langsung pelajaran rumit, mungkin Anda bisa memulainya dari yang paling sederhana.
• Seni Menyulam. Mulailah mempromosikan hasil rajutan Anda kepada orang-orang terdekat Anda. Anda bisa menjual hasil sulaman Anda atau bisa pula menjual jasa mengajarkan teknik menyulamnya. Dan uniknya hasil sulaman, merajut atau kerajinan seputar itu dihargai lebih dibanding buatan pabrik. Anda bisa memulai bisnis dengan menyulan hiasan, baju-baju bayi, selimut.
• Seni kayu. Banyak sudah kita lihat di televisi, profil-profil pengusaha yang sukses dengan mendalami hobi seni kayu. Anda bisa mulai dengan memproduksi mainan dari kayu, patung-patungan, kursi, meja kecil ataupun rumah boneka.
• Penulis. Bila Anda adalah pribadi yang senang menulis, maka pekerjaan yang satu ini bisa menjadi andalan Anda. Di awal langkah, Anda bisa berlatih dengan menulis semua yang ada di benak Anda, setelahnya baru Anda rangkaikan menjadi satu cerita. Di langkah kedepan, siapa tahu Anda bisa menjadi penulis buku cerita anak atau biografi.
• Pemahat Es. Anda yang memiliki jiwa seni desain yang tinggi, mungkin bisa mencoba peluang usaha untuk menjadi pemahat es. Anda bisa menawarkan jasa ini kepada para pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan, dengan pahatan es atas inisial nama atau gambar di acara pernikahannya.