:

11 Desember 2007

Bekal 'ABC' untuk Si Kecil di Sekolah

Bagi Si Kecil yang baru saja melek sekolah di tingkat sekolah dasar (SD), bangun pagi dan berangkat ke sekolah adalah hal yang sangat sulit baginya. Jika biasanya sehabis mandi pagi, mereka sarapan sembari menonton film kartun kesayangannya, kini yang ada hanya teriakan Si Bunda yang mengingatkan agar dirinya tiba di sekolah sebelum bel berbunyi.

Hal lain yang biasanya memusingkan bagi Sang Bunda adalah menyiapkan bekal makanan untuk buah hatinya. Di satu sisi, sebagai orangtua, Anda pasti menginginkan yang terbaik bagi Si Kecil dengan mencukupi gizinya melalui bekal makanan yang Anda bawakan. Namun, di sisi lain bisa jadi ada ketakutan dalam diri Anda, apakah Si Kecil akan menghabiskan bekalnya atau lebih tergiur jajanan di sekitar sekolahnya.Jalan keluar yang paling baik adalah membuatkan bekal yang tak membosankan bagi Si Kecil. Sudah pasti Anda harus memutar otak, bagaimana caranya agar bekal yang Anda berikan disikat habis olehnya di sekolah, tetapi di sisi lain, kebutuhan gizi Si Kecil pun tetap terpenuhi.
Nah, berikut ini adalah tips menyiapkan bekal ABC untuk Si Kecil di sekolah. Bekal yang disiapkan tetap sehat, namun lezat dan menyenangkan untuk disantap. Panduan yang sekiranya tepat untuk menyusun bekal sekolah Si Kecil adalah huruf A, B dan C. Ketiga huruf tersebut mewakili nama vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh mereka. Selain itu, makanan sumber vitamin A, B dan C ini juga mengandung nutrisi lainnya seperti mineral, zat besi, protein, karbohidrat dan vitamin D.
Vitamin A yang bermanfaat untuk membangun sel-sel kulit, menjaga kesehatan mata dan turut berperan dalam pembentukan tulang serta gigi, bisa Anda peroleh dari buah berwarna oranye tua seperti mangga dan pepaya serta sayuran, seperti wortel, kangkung, bayam dan daun singkong. Sedangkan dari produk hewani, vitamin A berasal dari telur, hati, daging dan susu. Perkaya gizi Si Kecil dengan membekalinya setengah porsi buah atau sayuran. Sebagai pilihan, Anda bisa membekali mereka dengan sepotong buah semangka atau aprikot.

Manfaat Vitamin A, B, dan C

Gandum, daging, kacang dan biji-bijian adalah sumber vitamin B. Roti gandum isi daging, keju atau selai kacang dapat menjadi alternatif bekal yang menyehatkan untuk Si Kecil. Jika mereka tidak menyukai roti gandum, isi roti tawar yang biasa mereka makan dengan keju ditambah biskuit gandum. Salad dengan dressing keju dan dan kacang merah, serta biskuit dan kue yang terbuat dari gandum juga akan memberi banyak manfaat karena merupakan sumber vitamin B kompleks, protein, karbohidrat dan zat besi.
Manfaat vitamin C adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menetralisir radikal bebas. Seperti halnya vitamin A, sumber vitamin C adalah buah dan sayuran yang mudah didapat. Contohnya tomat dan jeruk yang dapat diolah menjadi menu yang disukai Si Kecil. Atau Anda bisa berkreasi dalam membentuk sayuran maupun buah, menjadi bentuk yang unik dan disukainya. Sayangnya, kandungan vitamin C pada makanan dapat hilang saat melalui proses masak atau disimpan. Maka, saat merebus bahan makanan yang mengandung banyak vitamin C, usahakan agar tidak menggunakan banyak air dan tidak terlalu lama. Bila merebus kentang, rebuslah dengan kulitnya. Dan jika menyimpan jus dalam kulkas, jangan lebih dari 2-3 hari.
Setelah menu Si Kecil memenuhi persyaratan ABC, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana agar mereka mau menghabiskannya. Anda dapat melakukan hal-hal sederhana, seperti mengajak Si Kecil untuk menyiapkan bekal makanannya bersama Anda. Tentukan waktunya dengan tepat agar mereka tidak terlambat sekolah. Selain menyenangkan, kegiatan ini dapat mendorong Si Kecil menghabiskan bekalnya sebagai bentuk penghargaan atas usaha mereka sendiri.
Kombinasikan menu mereka agar tidak membosankan. Tak ada salahnya jika Anda membekali mereka dengan snack favorit yang dikombinasikan dengan makanan sehat. Misalkan, melapisi biskuit kesukaan mereka dengan keju atau selai kacang. Atau membuat kue dari sereal favoritnya.
Menghidangkan bekal makanan Si Kecil secara menarik, juga bisa menjadi senjata yang ampuh untuk mengugah selera makan mereka. Seperti, membentuk roti, keju atau lapisan daging dengan cetakan yang lucu. Warna-warni sayuran pun bisa dijadikan alternatif. Jangan lupa untuk menambahkan nilai gizi dengan memberikan susu, yogurt, keju atau buah segar. Agar praktis, berikan susu dan yogurt kemasan yang dapat Anda peroleh di swalayan atau supermarket.
Biarkan Si Kecil yang menentukan kotak makan dan botol minum atau termos mana yang ingin dibawanya. Bahkan sesekali berikan kebebasan pada mereka pula untuk menentukan menu apa yang ingin mereka bawa ke sekolah.



[+/-] Selengkapnya...


Tidak ada komentar: