:

12 Desember 2007

Pijat untuk Si Buah Hati

Pasti Anda cemas ketika mengetahui si kecil terlihat lelah, lemah, letih dan lesu setelah beraktifitas di sekolah atau sehabis bermain bersama teman-temannya. Tapi, Anda tak perlu panik dan buru-buru membawa si buah hati ke dokter atau rumah sakit, sebab banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga, merawat atau memelihara dan mengembalikan kesehatan tubuh.

Beragam cara telah dilakukan untuk memelihara kesehatan manusia, tidak hanya pada orang dewasa tetapi juga pada anak-anak. Salah satu pengobatan tradisional yang terus berkembang hingga kini yaitu terapi pijat, yang terbukti cukup efektif, efisien, ekonomis, dan aman.
Mengingat ketersediaan darah di dalam tubuh harus seimbang dengan ketersediaan oksigen. Maka, bila organ tubuh kekurangan suplai darah, berarti organ tersebut juga kekurangan oksigen. Padahal tubuh memerlukan keduanya untuk menunjang kelangsungan kerja seluruh organ tubuh. Pada kondisi tertentu, aliran darah pada tubuh dapat mengalami gangguan sehingga memicu timbulnya penyakit, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.
Masalah kesehatan cenderung lebih sering terjadi pada anak-anak. Tak heran karena anak-anak berada pada masa pertumbuhan. Hal itu menyebabkan kondisi tubuhnya rentan terhadap gangguan perkembangan dan kesehatannya. Pertahanan tubuh yang dimiliki oleh anak-anak juga lebih lemah jika dibandingkan orang dewasa. Untuk itu, dibutuhkan suatu jenis terapi yang tepat. Salah satunya adalah terapi pijat.
Terapi pijat telah menjadi bagian dari pediatri, yang memiliki efektivitas tinggi bila dilihat dari aspek fisiologis, klinis, dan biokimia. Terapi pijat memiliki mekanisme kerja yang sangat sederhana yaitu memperbaiki sirkulasi darah sehingga bermanfaat memperlancar distribusi oksigen dan nutrisi. Hal tersebut secara tidak langsung memberikan efek terhadap kerja saraf tubuh dan relaksasi sehingga tubuh tidak hanya dapat melakukan perbaikan kerja secara otomatis, tapi juga dapat melakukan perawatan secara menyeluruh.
Terapi pijat menghasilkan tekanan pada area tubuh tertentu yang kemudian menghasilkan stimulasi ke sistem saraf secara refleks sehingga berdampak pada optimalisasi kerja organ tubuh. Mekanisme kerja terapi pijat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah yaitu dengan memperbaharui kelenjar-kelenjar, sel-sel, dan sebagainya.
Bila aliran darah tidak lancar, maka kelenjar dan sel-sel akan mati karena kekurangan nutrisi. Sebaliknya, aliran darah yang lancar dapat meremajakan kelenjar dan sel-sel tubuh. Saat dilakukan pijatan pada suatu area tubuh, aliran darah akan terhenti sementara, namun setelah pijatan dilepaskan, tekanan aliran darah akan meningkat yang ditandai dengan timbulnya warna semu merah pada kulit. Secara bertahap, endapan-endapan yang ada di beberapa jaringan akan terdorong bersama dengan aliran darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar, termasuk distribusi nutrisi dan oksigen.
Jadi, ketika si buah hati terlihat lelah dan lesu akibat beraktifitas di sekolah atau bermain, tak perlu panik. Anda bisa mengajaknya pergi ke tempat atau pusat layanan pijat untuk anak. Kalau perlu, Anda bisa memanggil layanan pijat untuk anak ke rumah.



[+/-] Selengkapnya...


Tidak ada komentar: