:

05 Januari 2008

KB dan TK Al-Fauzien

Be A Smart and Creative Moslem

Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) Al-Fauzien berdiri sejak 1996. Dengan demikian, hingga tahun 2008, sekolah yang berlokasi di Pesona Depok Estate, Jl. Margonda Raya ini telah berkiprah di dunia pendidikan selama hampir 12 tahun.
Dalam kurun waktu tersebut banyak sekali prestasi yang telah dicapai oleh KB dan TK Al-Fauzien. Tak heran bila sekolah ini sangat diminati oleh para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya. Terbukti, hingga tahun 2000, jumlah murid KB dan TK di sekolah ini hampir mencapai 300 orang dan merupakan sekolah dengan jumlah murid KB dan TK terbanyak di Kota Depok.


Namun, seiring dengan tekad untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan yang salah satu upayanya adalah melengkapi sarana prasarana, maka sejak tahun 2004, manajemen yayasan membatasi jumlah penerimaan hanya untuk 2 kelas pararel tiap levelnya, sedangkan ruangan yang lain digunakan sebagai laboratorium computer yang terdiri dari 27 unit computer, memperluas perpustakaan dan terus menambah koleksi bukunya, ruang art & music, audio visual room dan lain-lain. Diharapkan, dengan fasilitas yang sedemikian lengkap, dapat lebih mengakomodir kebutuhan belajar anak didik sehingga kualitas pembelajaran menjadi lebih baik.
Pelajaran computer dan Bahasa Inggris mulai diberikan sejak Kelompok Bermain, sedangkan ekstra kurikuler yang terdiri dari Bahasa Inggris, musik, art, computer dan science hanya dapat diikuti mulai dari TK A.
Kelompok Bermain terdiri dari 2 level yaitu Cherry (2 Tahun) dan Strawberry (3 tahun) dengan waktu belajar tiga kali seminggu, sedangkan TK terdiri dari Kelompok A (4 tahun) dan Kelompok B (5 tahun) dengan waktu belajar Senin – Jumat, pukul 07.30 - 12.00 WIB. Menurut Najah.F.Almuhdhar,S.Pd, sebagai Preschool Principal Al-Fauzien, yang menarik dari sekolah ini, di samping pembelajarannya yang sangat mengembangkan potensi dan kreativitas anak, adalah program “Home Readingnya “, dimana setiap hari orang tua di rumah wajib membacakan cerita untuk ananda lalu menuliskan komentar ananda terhadap buku yang telah dibacakan dalam Home Reading Book. “Program ini ternyata sangat efektif untuk menumbuhkembangkan minat ananda terhadap kecintaan membaca, lebih mendekatkan hubungan ananda dengan orang tua serta menambah banyak perbendaharaan kata-kata baru untuk ananda. Bahkan mendengarkan (listening) yang merupakan salah satu dari empat aspek komponen bahasa selain reading, writing dan speaking, juga berperan penting terhadap kesiapan dan kemampuan ananda untuk belajar membaca.”
Sekolah ini menggunakan kurikulum nasional yang diperkaya dengan kurikulum khas Al-Fauzien dan system pembelajaran active learning. “Mengusung motto be a smart and creative moslem, Insya Allah ananda yang menyelesaikan pendidikan di Al-Fauzien memiliki kepribadian dan sikap sebagai muslim sejati yang juga kreatif sehingga siap menghadapi tantangan zaman di masa depan,” tandas Najah.F.Almuhdhar,S.Pd.



[+/-] Selengkapnya...


Tidak ada komentar: