:

05 Januari 2008

Taman Bermain dan Taman Kanak-kanak Lentera Insan

Anak Happy dan Berkembang Optimal

Berlokasi di Jl. Akses UI, Tugu Kelapa Dua, Depok, Taman Bermain (TB) dan Taman Kanak-kanak (TK) Lentera Insan hadir sebagai sekolah Islam yang berkearifan lokal dan berwawasan global. Motto: Ceria, cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia.
Memiliki visi sebagai lembaga terdepan dalam optimalisasi perkembangan anak yang bernuansa Islam di Indonesia, pendidikan yang disampaikan Lentera Insan bertujuan untuk meletakkan pondasi bagi terbentuknya generasi yang sehat, senang belajar, disiplin, berwawasan luas, cerdas, kreatif, memiliki kepribadian tangguh dan berakhlak mulia, menuju insan yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.


Melalui prinsip pendidikan inklusif, setiap siswa dan siswi di Lentera Insan berhak untuk mendapatkan layanan pendidikan, demi mencapai perkembangan yang optimal (education for all). Sehubungan dengan hal itu, TB dan TK Lentera Insan menerima maksimal dua orang siswa atau siswi berkebutuhan khusus pada tiap kelas.
Program pendidikan TB dan TK Lentera Insan menggunakan tiga model pembelajaran yakni model sentra atau sudut, active learning dan mixed age group. Dalam setiap kegiatan di Lentera Insan, siswa dan siswi merupakan subjek belajar. Pembelajaran di TB lebih dominan menggunakan model sentra dan kegiatan fisik (motorik kasar), sementara pembelajaran di TK lebih dominan menggunakan model active learning.
Jelas sudah, cakupan materi pelajaran yang ada di Lentera Insan sangat padat, diantaranya Agama Islam (terintegrasi dalam kurikulum) dan Iqro, Sosialisasi, Fisik-motorik (motorik halus dan kasar), Pengembangan sikap dan daya pikir dalam bermain dan belajar, Keterampilan diri, Bahasa Indonesia, Persiapan membaca, menulis dan matematika, Music and movement, Science, Fun cooking, Bahasa Inggris, Art-kreativitas, Pengetahuan umum dan sebagainya. Selain itu, program pendidikan juga diperkaya dengan pengenalan profesi, berenang, pengenalan computer, dan special day.
Kenyamanan belajar siswa dan siswi pun kian terjamin karena Lentera Insan juga memiliki fasilitas penunjang belajar yang berkualitas seperti kelas yang nyaman dan kondusif, one way screen room (untuk observasi program dan perkembangan siswa maupun siswi di kelas tanpa terlihat oleh siswa dan siswi maupun guru), media pembelajaran melalui sentra (sentra konstruksi, bermain peran, bahan alam dan sentra persiapan), ruang perpustakaan dan audiovisual, sarana bermain indoor dan outdoor (playground), pemeriksaan dan konsultasi psikologis, panggung kreasi, ruang terapi siswa dan siswi, ruang kesehatan siswa maupun siswi, ruang serba guna, antar jemput siswa maupun siswi, musholla, serta lahan parkir yang aman dan nyaman.
Guna mengetahui perkembangan siswa dan siswi, Lentera Insan selalu melakukan evaluasi program pendidikan dan perkembangan siswa dan siswi secara berkala dan mendalam. Evaluasi dilakukan oleh tim penelitian dan pengembangan (Litbang) berkoordinasi dengan guru, kepala sekolah, psikolog dan terapis. Kegiatan observasi dilakukan sekali dalam seminggu terhadap setiap siswa dan siswi oleh tim psikologi.
Selain program serta fasilitas belajar yang berkualitas, Lentera Insan juga memiliki para pendidik yang terpilih dan memiliki kualifikasi pendidikan minimal D3, responsive terhadap siswa maupun siswi, dapat berbahasa Inggris dan membaca Al’Quran, serta didukung oleh tim pendidikan yang terdiri dari psikolog, paedagog dan beberapa staf ahli di berbagai bidang pendidikan, yang dipimpin oleh psikolog anak, Hj. Fitriani F. Syahrul, Msi. Psi.



[+/-] Selengkapnya...


Tidak ada komentar: