:

05 Januari 2008

PRA-TK dan TK Islam Lazuardi Kanita Global Islamic School

Memberikan Pendidikan yang Terbaik Bagi Anak-anak Usia Dini

Berlokasi di Cinere, Depok, setiap hari kegiatan di Pra-TK dan TK Islam Lazuardi Kanita, dimulai dengan berbaris di selasar kelas masing-masing, membaca ikrar, bernyanyi gembira sambil berolah raga ringan. Sebelum menjalankan kegiatan inti, para siswa maupun siswi dibimbing para pengajar, membaca Al-Fatihah, doa tambah ilmu, doa untuk kedua orangtua, dan beberapa doa harian lainnya, sesuai dengan yang sudah diajarkan kepada mereka.

Begitulah, secara umum, kegiatan di Pra-TK dan TK Islam Lazuardi Kanita sangat bervariasi. Sekolah ini mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dimodifikasi dengan menambahkan muatan agama maupun muatan internasional. Baik di PRA-TK dan TK Islam Kanita maupun di SD Islam Lazuardi, pengajar tidak didorong untuk memberi pekerjaan rumah (PR) sebanyak-banyaknya. Namun jika diperlukan, siswa dan siswi bisa diberi latihan tambahan untuk dikerjakan di rumah dalam jumlah yang secukupnya. Kadang, pengajar juga memberikan tugas yang tidak membebani siswa maupun siswi untuk dikerjakan di rumah, misalnya mewawancarai ibu, ayah atau mencari artikel maupun gambar di koran yang sesuai dengan tema pelajaran di sekolah. Kebijakan ini diambil demi membebani waktu lebih banyak bagi siswa dan siswi untuk bermain, bersosialisasi dengan lingkungan, menyalurkan hobbi, serta untuk berinteraksi secara leluasa dengan orangtua, dan beristirahat. Selain itu jam pelajaran di sekolah sudah dirancang lebih panjang jika dibanding jam pelajaran di sekolah-sekolah lain.
Semua proses belajar di Pra-TK maupun TK ini dilakukan sambil bermain. Siswa dan siswi mulai diperkenalkan pada warna, angka dan huruf melalui permainan yang melibatkan gerak dan pikiran. Sambil bermain, mereka berlatih bersosialisasi dengan teman dan guru, dan juga belajar mandiri dalam suasana yang ceria. Selain itu, untuk memotivasi minat baca siswa dan siswi, sekolah ini juga menggelar program peminjaman buku setiap harinya.
Berbagai kegiatan yang membangkitkan kreatifitas siswa dan siswi diberikan sekolah ini, melakukan senam pagi atau berolah raga jalan kaki ke luar gedung sekolah, melihat pemandangan di luar sambil mengenal lingkungan. Atau menggelar “Hari Ceria” untuk memberikan penekanan pada tema yang sedang berlangsung. Pada hari itu, seluruh siswa dan siswi TK dan Pra-TK berkumpul di halaman parkir sekolah, untuk bersama-sama membahas berbagai hal yang berkaitan dengan tema pelajaran minggu itu. Jika diperlukan, anak-anak dan guru akan mengenakan kostum sesuai tema. Selain itu siswa maupun siswi diminta membawa buah-buahan untuk membiasakan mereka agar menggemari buah-buahan.
Sekali dalam sebulan, para siswa dan siswi belajar memasak, belajar bercocok tanam, dan jika cuaca cerah, mereka diajak bermain air di kolam kecil yang ada di sekolah. Selain itu, diselenggarakan juga program belajar Bahasa Inggris, komputer dan menonton aneka film yang menunjang pendidikan.
Tak lupa, untuk anak-anak TK, disusun jadwal shalat berjamaah di masjid dekat sekolah. Program lain yang diselenggarakan oleh Pra-TK dan TK adalah assembly, dimana kelas tertentu tampil menunjukkan kemampuan dan keterampilannya untuk melatih rasa percaya diri dan keberanian mereka tampil di hadapan orang banyak.
Selain itu, Pra-TK dan TK Islam Lazuardi Kanita juga merancang dan menyelenggarakan program-program tambahan untuk meningkatkan kualitas pemahaman anak dengan mendatangkan tokoh-tokoh atau public figure antara lain tokoh yang dekat dengan anak seperti Pak Raden, Andi Yudha Asfandiyar (praktisi buku anak), olahragawan, polisi, dokter anak, dokter gigi, pilot, dan lain-lain.



[+/-] Selengkapnya...


Tidak ada komentar: