:

05 Januari 2008

Membantu Si Kecil Menghadapi Tahun Ajaran Baru

Tahun ajaran baru sebentar lagi tiba. Rasa khawatir dan cemas tentu saja tak akan menghampiri diri si kecil tapi juga Anda sebagai orangtua. Pertanyaan tentang kesiapan si kecil bakal berputar di kepala Anda. Dapatkah si kecil beradaptasi dengan lingkungan pendidikannya yang baru? Adakah yang dapat Anda bantu?
Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mempersiapkan si kecil yang tak lama lagi akan memasuki gerbang sekolah. Semoga bermanfaat ya…!
-Ajak si kecil bermain satu permainan sesuai dengan usianya dan ajarkan si kecil mematuhi aturan main yang ada.


-Saat bermain, bangkitkan motivasi si kecil untuk dapat memenangkan permainan. Selain itu siapkan si kecil untuk dapat belajar menerima kekalahan.
-Ajak si kecil ke perpustakaan umum ataupun ke toko buku, ajarkan ia memilih buku yang bermanfaat. Usahakan memiliki waktu rutin beberapa menit sehari untuk membaca buku bersama. Tanyakan keesokan harinya tentang isi buku yang telah dibacakan. Hal ini berguna untuk melatih konsentrasi, memori dan bahasa si kecil.
-Kenalkan si kecil dengan aneka warna, bentuk dan jumlah benda sederhana.
-Usahakan si kecil memiliki aktivitas yang mengasah hubungan sosialnya, seperti belajar di sekolah musik, kelas menari ataupun ke perkumpulan olahraga yang disukai.
-Jalin komunikasi lisan yang intensif dengan si kecil. Bila si kecil hendak dikenalkan dengan metode bilingual ataupun bahasa lebih dari dua, perhatikan kekonsistenan saat melakukan metode tersebut.
-Tumbuhkan rasa tanggung jawab pada si kecil, salah satunya dengan mempercayakan beberapa tugas rumah tangga sederhana yang dapat dilakukannya, seperti merapikan mainan yang telah digunakan dan lain-lain.
-Sediakan pensil dan gunting khusus untuk si kecil, ajarkan cara memakainya dan biasakan meletakkannya pada tempat khusus yang telah disediakan.
-Biasakan si kecil untuk membuka baju secara mandiri dan meletakkan pakaiannya di tempatnya masing masing.
-Latih si kecil untuk bangun pada jam yang telah ditentukan dan pergi tidur pada waktu yang telah ditetapkan.
-Usahakan datang ke sekolah pada waktu yang telah ditetapkan.
-Ajarkan si kecil untuk mengingat nama, alamat rumaha, tanggal lahirnya, serta nomor telepon yang dapat dihubungi.
-Biarkan si kecil belajar untuk menginap di rumah kerabat, hal itu akan membantu keberanian, kemandirian dan tanggung jawabnya.
-Ajarkan si kecil mengendarai sepeda dengan aman, bermain lompat tali, bermain sepatu roda dan permainan yang membutuhkan keseimbangan. Hal tersebut amat bermanfaat untuk perkembangan motorik kasar si kecil.
-Undang beberapa teman baik si kecil untuk bermain di rumah. Izinkan pula si kecil bermain di rumah beberapa sahabat baiknya.

Nah, semoga si kecil dapat lebih mandiri dan siap duduk di bangku sekolah di tahun ajaran yang baru!



[+/-] Selengkapnya...


Tidak ada komentar: