Lebih Elegan dan Lebih Berkualitas
Di awal tahun 2008 ini, Hyundai kembali mengenalkan produk barunya, New Santa Fe, yaitu sebuah pengembangan dari versi sebelumnya dengan berbagai kelebihan antara lain, penampilan yang lebih besar, lebih elegan dan lebih berkualitas. Berbekal layout tiga baris kursi plus aneka fitur comfort dan convenience Santa Fe baru ini siap bersaing di pasar SUV.
Tidak itu saja, Santa Fe baru ini juga bertumpu pada wheelbase 2.7m, 8cm lebih panjang dari pendahulunya. Kabin New Santa Fe lebih lega dan lebih lapang terutama pada ruang kaki penumpang di depan dan belakang.
Sementara untuk mesinnya, New Santa Fe mengusung mesin diesel D-2.2 dengan kekuatan 153hp pada 4000rpm dan 35kg.m torsi pada 2000rpm dengan bantuan Variable Geometry Turbocharger. Mesin diesel baru ini dipasangkan dengan all-new 5-speed transmission, baik matik maupun manual yang sama-sama efisien dalam penggunaan bahan bakar dan halus perpindahan giginya. Bahan bakar disemprotkan lewat injektor dari common rail generasi kedua bertekanan 1600bar yang dikendalikan microprocessor 32 bit (sebelumnya ECU 16 bit).
Didukung pula dengan Variable swirl control dan katup pengatur udara yang dikendalikan secara elektronik membantu menyempurnakan proses pembakaran dan menurunkan emisi berbahaya. Kepala silindernya menggunakan two-layer water jacket yang memungkinkan kepala silinder menerima tekanan pembakaran lebih besar. Exhaust Gas Recirculation yang mengembalikan fuel yang terlempar ke saluran exhaust balik ke ruang baker, berpendingin air dan dikontrol secara elektronis membantu meminimalkan emisi agar sesuai dengan standar Euro IV.
Sementara bagi peminat mesin bensin, Santa Fe punya pilihan lebih fleksibel. Hyundai memasang dua mesin bensin yaitu 2.7 liter dan 3.3 liter (khusus dipasarkan di Amerika Utara). Keduanya berarsitektur V6 dengan konstruksi seluruhnya dari aluminium. Mesin 2.7 liter mengadopsi Variable Valve Timing dan Variable Intake System untuk memproduksi power maksimum 189hp pada 6000 rpm dan torsi 25.3kg.m@4200rpm. Mesin 3.3 liter dipasangkan dengan 5AT sedangkan 2.7 dengan 5MT sebagai fitur standar dan 4AT sebagai optional.
Sistem penggerak empat roda Santa Fe juga baru. Dikontrol secara elektronis, secara otomatis mengirim power ke roda yang memiliki traksi terbaik. 4WD lock membagi torsi sama rata antara roda depan dan belakang di situasi off-road. Untuk all-new Santa Fe mengalami perbaikan chasis besar-besaran demi meningkatkan kenyamanann sekelas sedan. Suspensi belakang double wishbone pada generasi lama, diganti multi link guna meminimalisir getaran dan suara bising.
Jika mobil mendongak karena terisi penuh, self-leveling system otomatis membuatnya datar kembali tanpa power dari luar. Boster ganda menemani cakram 16 inch (dengan bagian depan berventilasi). ABS menjadi piranti standar, disempurnakan dengan Electronic Stability Program.
Selain dual front airbags, Santa Fe ditanami juga dengan side airbags depan plus curtain airbags yang meletup disepanjang mobil, menambah perlindungan kepala seluruh penumpang. Airbag penumpang kursi depan bisa dinon-aktifkan untuk penumpang usia anak-anak.
Panel indikator dilengkapi iluminasi serta dual zone climate control (suhu interior bisa beda pada saat bersamaan) untuk pengemudi dan penumpang depan membawa sentuhan kemewahan. Kursi baris ketiga bisa dilipat rata lantai dengan mudah dan menyulap bagian belakang Santa Fe menjadi ruang kargo yang luas. Saat musim hujan, wiper otomatis akan bekerja dan dukungan trip komputer akan mencatat informasi dan menyajikan data sepanjang perjalanan.
Tidak itu saja, Santa Fe baru ini juga bertumpu pada wheelbase 2.7m, 8cm lebih panjang dari pendahulunya. Kabin New Santa Fe lebih lega dan lebih lapang terutama pada ruang kaki penumpang di depan dan belakang.
Sementara untuk mesinnya, New Santa Fe mengusung mesin diesel D-2.2 dengan kekuatan 153hp pada 4000rpm dan 35kg.m torsi pada 2000rpm dengan bantuan Variable Geometry Turbocharger. Mesin diesel baru ini dipasangkan dengan all-new 5-speed transmission, baik matik maupun manual yang sama-sama efisien dalam penggunaan bahan bakar dan halus perpindahan giginya. Bahan bakar disemprotkan lewat injektor dari common rail generasi kedua bertekanan 1600bar yang dikendalikan microprocessor 32 bit (sebelumnya ECU 16 bit).
Didukung pula dengan Variable swirl control dan katup pengatur udara yang dikendalikan secara elektronik membantu menyempurnakan proses pembakaran dan menurunkan emisi berbahaya. Kepala silindernya menggunakan two-layer water jacket yang memungkinkan kepala silinder menerima tekanan pembakaran lebih besar. Exhaust Gas Recirculation yang mengembalikan fuel yang terlempar ke saluran exhaust balik ke ruang baker, berpendingin air dan dikontrol secara elektronis membantu meminimalkan emisi agar sesuai dengan standar Euro IV.
Sementara bagi peminat mesin bensin, Santa Fe punya pilihan lebih fleksibel. Hyundai memasang dua mesin bensin yaitu 2.7 liter dan 3.3 liter (khusus dipasarkan di Amerika Utara). Keduanya berarsitektur V6 dengan konstruksi seluruhnya dari aluminium. Mesin 2.7 liter mengadopsi Variable Valve Timing dan Variable Intake System untuk memproduksi power maksimum 189hp pada 6000 rpm dan torsi 25.3kg.m@4200rpm. Mesin 3.3 liter dipasangkan dengan 5AT sedangkan 2.7 dengan 5MT sebagai fitur standar dan 4AT sebagai optional.
Sistem penggerak empat roda Santa Fe juga baru. Dikontrol secara elektronis, secara otomatis mengirim power ke roda yang memiliki traksi terbaik. 4WD lock membagi torsi sama rata antara roda depan dan belakang di situasi off-road. Untuk all-new Santa Fe mengalami perbaikan chasis besar-besaran demi meningkatkan kenyamanann sekelas sedan. Suspensi belakang double wishbone pada generasi lama, diganti multi link guna meminimalisir getaran dan suara bising.
Jika mobil mendongak karena terisi penuh, self-leveling system otomatis membuatnya datar kembali tanpa power dari luar. Boster ganda menemani cakram 16 inch (dengan bagian depan berventilasi). ABS menjadi piranti standar, disempurnakan dengan Electronic Stability Program.
Selain dual front airbags, Santa Fe ditanami juga dengan side airbags depan plus curtain airbags yang meletup disepanjang mobil, menambah perlindungan kepala seluruh penumpang. Airbag penumpang kursi depan bisa dinon-aktifkan untuk penumpang usia anak-anak.
Panel indikator dilengkapi iluminasi serta dual zone climate control (suhu interior bisa beda pada saat bersamaan) untuk pengemudi dan penumpang depan membawa sentuhan kemewahan. Kursi baris ketiga bisa dilipat rata lantai dengan mudah dan menyulap bagian belakang Santa Fe menjadi ruang kargo yang luas. Saat musim hujan, wiper otomatis akan bekerja dan dukungan trip komputer akan mencatat informasi dan menyajikan data sepanjang perjalanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar