:

27 November 2008

Sekolah Inklusi

Membantu Siswa Belajar Tentang Kehidupan Sekolah inklusi?! Apa sih sekolah inklusi itu? Filosofi yang mendasari lahirnya sekolah inklusi adalah keyakinan bahwa setiap anak (termasuk anak dengan kebutuhan khusus, baik karena gangguan perkembangan fisik maupun mental), berhak untuk memperoleh pendidikan seperti layaknya anak-anak lainnya dalam lingkungan yang sama.
Secara lebih luas, ini bisa diartikan bahwa anak-anak (baik yang normal maupun yang dinilai memiliki gangguan perkembangan) selayaknyalah dididik bersama-sama dalam sebuah komunitas.
Dengan demikian, di sebuah kelas sekolah inklusi, Anda akan menjumpai Lili, misalnya, seorang siswi tunarungu, yang duduk bersama teman-temannya tengah membahas soal matematika. Sementara di kelas yang lain, ada Dedy, yang menderita cerebral palsy, yang duduk di kursi roda dan memakai berbagai alat bantu dalam membaca dan menulis. Di kelas lainnya lagi, ada Herman, yang hiperaktif, tengah belajar sastra bersama teman-teman sekelasnya.
Unik
Bila selama ini kita lebih mengenal adanya sekolah khusus untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus (misalnya sekolah untuk anak tunanetra, tunarungu dan sebagainya), maka sekolah inklusi justru menyatukan anak-anak tersebut dalam sebuah komunitas bersama.
Uniknya, riset membuktikan, bahwa model sekolah inklusi ternyata membawa dampak yang positif, baik bagi siswa yang normal maupun siswa yang memiliki kebutuhan khusus. Kekhawatiran bahwa siswa normal akan "dirugikan" secara akademik, sama sekali tidak terbukti. Justru siswa normal akan mendapat keuntungan dari program ini, karena mereka dapat belajar menjadi anak yang lebih bijak serta memiliki pengetahuan maupun wawasan yang lebih luas tentang kehidupan.
Prestasi dan motivasi anak-anak yang berkebutuhan khusus, juga kian meningkat di sekolah inklusi, dibandingkan bila mereka berada di sekolah-sekolah khusus. Sekolah inklusi telah berhasil menciptakan lingkungan yang unik, sekaligus mampu merangsang pertumbuhan serta perkembangan anak didik menuju kepada hal-hal yang baik.
Di sekolah inklusi, mereka tidak semata mengejar kemampuan akademik, lebih dari itu, mereka sedang belajar tentang kehidupan itu sendiri.Ingat, sekolah yang mampu menghasilkan anak-anak yang "sukses" adalah sekolah yang menghargai keunikan setiap siswanya, dan mampu menyediakan wadah yang tepat bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang.

Tidak ada komentar: