:

27 November 2008

Siap-siap Liburan Akhir Tahun!

Musim liburan sebentar lagi tiba. Bagi Anda yang punya rencana berlibur bersama keluarga, siap-siaplah sejak dini. Paling tidak Anda sudah mempersiapkan dananya.
Sebab, biasanya pada masa puncak, perusahaan penerbangan memberlakukan harga tiket ekonomi berdasarkan subkelas. Dari setiap subkelas itu, harga tiket yang paling murah hanya disediakan satu sampai sepuluh tempat duduk. Untuk mendapatkan itu, Anda harus memesannya dua sampai tiga bulan sebelum keberangkatan.
Sebenarnya apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk liburan akhir tahun? Silakan simak berikut ini:

Tempat Berlibur

Tentukan dimana atau kemana Anda bersama keluarga akan berlibur agar Anda dapat menentukan berapa dana yang harus Anda keluarkan. Pilihlah tempat liburan yang memang sesuai dengan karakter Anda dan keluarga. Kalau Anda suka gunung, carilah tempat liburan yang memang memiliki banyak bukit dan gunung. Kalau Anda suka pantai, banyak tempat liburan di Indonesia yang juga memiliki pantai-pantai indah. Ke mana pun tujuan wisata Anda, sebaiknya Anda mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang tempat wisata tersebut. Anda bisa memperoleh informasi dari internet atau rekomendasi dari sanak saudara serta teman yang tinggal, pernah tinggal, atau pernah berkunjung ke daerah yang akan dituju. Informasi mengenai peraturan daerah setempat juga penting diketahui agar Anda tidak harus berurusan dengan polisi atau pihak lain yang merasa dirugikan. Misalnya, di tempat-tempat tertentu sudah ada larangan merokok.

Siapkan Dana

Siapkan dana berlibur. Hitung berapa kira-kira yang Anda butuhkan misalnya untuk biaya transportasi, biaya akomodasi, biaya makan dan minum selama liburan, biaya berkunjung ke obyek wisata dan biaya oleh-oleh. Biaya liburan yang tidak terencana bisa berlipat-lipat kali lebih besar daripada jika direncanakan. Pada saat liburan, terutama akhir tahun, tarif penerbangan dan akomodasi pasti akan naik mengikuti tarif puncak atau peak season. Tarif itu akan berbeda jika pemesanan dilakukan pada masa-masa sepi atau low season.

Kebanyakan masyarakat Indonesia yang bepergian bersama keluarga lebih memilih perjalanan secara perorangan tanpa menggunakan jasa biro perjalanan. Selain ingin mendapatkan biaya murah, perjalanan ini membuat Anda lebih leluasa mengatur perjalanan liburannya.Namun, sebaiknya, jika pilihan tempat berlibur cukup jauh atau hendak menggunakan hotel, Anda bisa menggunakan jasa biro perjalanan wisata yang menawarkan program paket tur dengan berbagai kemudahan, paket hemat, dan hadiah kepada konsumen.

Tidak ada komentar: