:

10 Januari 2009

Biarkan Si Kecil Memilih….

Memilih tempat kursus untuk si kecil memang bukan hal yang mudah. Namun, sebenarnya semuanya akan menjadi lebih mudah bila Anda membiarkan si kecil memilih sendiri tempat kursus yang disukainya. Sebagai panduan berikut kami berikan sejumlah tips memilih tempat kursus yang tepat:

Jenis Kursus

Ini pertimbangan utama yang harus Anda tentukan lebih dahulu, baik untuk kursus keterampilan maupun kursus peningkatan kompetensi. Misalnya kursus keterampilan bahasa dalam waktu singkat, Anda dapat memilih program regular.

Biaya

Pikirkan biaya yang paling pas dengan kondisi keuangan Anda. Biasanya tempat kursus dengan fasilitas dan kualitas yang bagus biayanya mahal. Tapi jika dibandingkan dengan ilmu yang Anda dapatkan, biaya yang dikeluarkan tentu tidak terlalu berarti.

Pengajar

Ingat, tanpa pengajar yang bagus, mustahil si kecil dapat mencerna pelajaran dengan baik. Untuk itu, cari informasi tempat kursus mana saja yang pengajarnya berkualitas. Tanya pada teman, atau baca pada media online atau media cetak.

Fasilitas

Belajar dengan fasilitas yang lengkap akan mempermudah proses belajar. Misalnya tempat kursus itu dilengkapi dengan kelas yang nyaman dan ber-AC, perpustakaan yang lengkap, dan ruangan audio visual. Biasanya dengan fasilitas ini belajar pun tambah semangat dan enjoy.

Jumlah siswa

Jika siswa terlalu banyak, si kecil akan sulit konsentrasi. Kalau bisa, belajarlah dengan jumlah siswa paling banyak 10 atau 15 orang. Jumlah ini cukup ideal, tidak kebanyakan dan tidak terlalu sedikit.

Lokasi
Arahkan si kecil memilih tempat kursus yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah. Sehingga tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di jalan. Tempat yang jauh dikhawatirkan akan menghabiskan waktu dan energi Anda.

Waktu

Aturlah waktu kursus sedemikian rupa agar sekolahnya tak terganggu. Lihat dan pantau kondisi fisik dan energi si kecil, apakah masih cukup kuat untuk menjalani kursus seusai sekolah.

Tidak ada komentar: