:

28 Januari 2009

Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak di Depok dan Sekitarnya

Membentuk Karakter Anak di Usia “Emas”

Seperti kita ketahui, pendidikan berfungsi membentuk karakter seseorang sehingga mampu mengenali diri serta lingkungannya dan dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan baik.
Karakter seseorang akan lebih baik bila dibentuk sejak usia dini. Tepatnya pada usia balita atau yang biasa disebut sebagai masa-masa “emas” yang merupakan masa kritis bagi pembentukan karakter seseorang.


Kini banyak orangtua yang mulai menyadari, bahwa keberhasilan seseorang dalam lingkungan atau masyarakat ditentukan 80% oleh kecerdasan emosi dan 20% oleh kecerdasan intelektual dan lainnya. Dengan demikian, orang yang mempunyai kecerdasan emosi tinggi adalah orang yang berkarakter baik. Dan ke sanalah pembelajaran di masa-masa ‘emas’ itu ditujukan.
Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) merupakan salah satu upaya dalam membentuk karakter anak agar ia memiliki etos kerja yang baik, suka bekerja keras dan bertanggungjawab.
Sebagai Kota Pendidikan, Depok memiliki banyak lembaga pendidikan jenjang KB maupun TK untuk memberikan pendidikan dasar yang menyeimbangkan semua aspek pada diri anak, termasuk masalah kognitif dan karakter. Bagaimanapun, pembentukan karakter anak memang harus dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan yang melibatkan aspek pengetahuan, kasih sayang serta aktivitas positif.
Pada umumnya, KB maupun TK di Depok menggunakan metoda pembelajaran siswa aktif dengan menggunakan kurikulum yang mencakup pengembangan seluruh dimensi perkembangan anak baik secara fisik, emosi, sosial dan spiritual dan kognitif dengan cara terintegrasi dan terpadu.
Tak hanya unggul di kurikulum dan proses pembelajaran yang bermutu, KB dan TK di Depok juga variatif dengan berbagai fasilitas penunjang untuk berimajinasi, berkreasi, seni, olahraga, dan sebagainya.

Tidak ada komentar: