:

30 Maret 2009

Agar Si Kecil Tumbuh Sehat, Kuat dan Cerdas

Masa-masa “emas” atau usia balita adalah usia dimana anak Anda tengah tumbuh berkembang dengan pesat. Maka, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatannya dari berbagai gangguan penyakit. Bagaimanapun, mencegah selalu lebih baik ketimbang mengobati. Nah, berbagai tips berikut akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan si buah hati:

Ke Dokter Secara Berkala

Di usia balita, saat tubuh dan otak berkembang dengan pesat, pemeriksaan ke dokter anak secara berkala adalah sesuatu yang penting bagi balita Anda. Pemeriksaan berkala ke dokter, bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan si kecil. Jangan lupa imunisasi dan vaksin yang bisa membantu daya tahan tubuh mereka.

Pola Makan yang Sehat

Nutrisi yang tepat akan membantu daya tahan tubuh balita Anda untuk mencegah berbagai penyakit. Pastikan makanannya mengandung nutrisi yang lengkap: vitamin, kalsium, zat besi, diantaranya. Sayuran dan buah-buahan harus ada di dalam menu anak setiap hari. Pastikan agar makanannya tidak mengandung terlalu banyak garam atau gula. Berikan makanan yang rendah lemak dan kolesterol untuk mencegah obesitas dini. Jangan terbiasa memberi “junk food” dan makanan jajanan yang tidak sehat untuknya.

Olahraga

Anak Anda membutuhkan latihan fisik agar tetap sehat. Bila ia terbiasa berolahraga sejak kecil, saat dewasa pun akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan kolesterol. Olahraga untuk si kecil tidak perlu yang rumit, ajak mereka belajar berenang, atau bermain bola di halaman. Pastikan ia menikmati aktivitasnya, jangan terlalu memaksakan kehendak.

Ternyata, menjaga kesehatan balita Anda tidak susah bukan? Yang terpenting Anda selalu memastikan ia mendapatkan nutrisi yang tepat dan mempunyai gaya hidup yang sehat. Semoga tips yang praktis dan mudah ini bisa menghindarkan balita Anda dari berbagai penyakit sehingga dapat tumbuh sehat, kuat dan cerdas.

Tidak ada komentar: