:

30 Maret 2009

Mama, Papa, Ajarkan Aku Gaya Hidup Sehat Dong…!

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Maka, mulailah dari diri Anda sebagai orangtua untuk menjalankan gaya hidup sehat sebelum kemudian ditularkan pada si kecil.

Memang tak mudah mengajarkan gaya hidup sehat pada si kecil. Sebab, ketimbang mendengarkan kata-kata atau nasehat, biasanya anak lebih mudah mencontoh perilaku orangtuanya. Jangan pernah Anda meminta si kecil untuk cuci tangan sebelum makan sementara tangan Anda sendiri masih kotor.
Sebagai orangtua, kita harus hati-hati! Karena mata-mata si kecil selalu mengikuti apa yang kita lakukan dan menirunya mentah-mentah. Sehingga apapun yang kita ajarkan tidak akan efektif, jika semua itu tidak mulai kita terapkan pada diri kita sendiri sebagai orangtua.
Maka, mulailah untuk menerapkan berbagai gaya hidup sehat pada si kecil sejak dini bersama-sama seluruh keluarga. Jadikan semua ini sebagai kebiasaan yang dilakukan secara konsisten secara bersama-sama. Selain itu jangan lupa untuk memberi penjelasan pada mereka pentingnya perilaku yang Anda terapkan tersebut. Tentunya sesuaikan penjelasan tersebut dengan kemampuan si kecil memahaminya.
Berikut beberapa kebiasaan sehat yang penting untuk diterapkan bagi si kecil dan seluruh keluarga, antara lain:

Mencuci Tangan
Biasakan si kecil untuk selalu mencuci tangan jika ingin dan selesai makan, selesai buang air besar dan kecil, bermain di luar rumah dan sebagainya. Ini penting untuk mengurangi kemungkinan masuknya kuman ke dalam tubuh. Sediakan wastafel yang mudah dijangkau tubuh mungilnya dengan sabun dan handuk tangan yang bersih.

Menyikat Gigi
Biasakan si kecil menyikat giginya, minimal, sebelum tidur dan saat bangun tidur di pagi hari sejak dini. Jika si kecil sudah terbiasa, maka ia akan merasa tidak nyaman jika tidak melakukannya.

Tidur Cukup
Tidur yang cukup penting untuk membantu tubuh dan otak beristirahat. Biasakan anak memiliki jam tidur dan jam bangun tidur yang sama dan konsisten setiap hari. Setiap anak membutuhkan rentang waktu untuk tidur sesuai dengan usianya. Misalnya anak usia 1 tahun membutuhkan 14-15 jam tidur, anak usia 4 tahun membutuhkan 10-12 jam tidur, sedangkan di atas usia 4 tahun membutuhkan sekitar 10 jam, hingga nantinya di usia dewasa hanya membutuhkan 7-8 jam tidur dalam sehari. Anak yang tidur cukup akan lebih segar dan sehat, sehingga lebih siap menerima berbagai informasi baru.

Menyantap Makanan Sehat
Sediakan makanan yang memiliki berbagai unsur yang dibutuhkan oleh tubuh secara seimbang. Biasakan si kecil makan sayur dan buah yang memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh, selain karbohidrat dan lemak. Selain itu hilangkan penyedap rasa dari dapur Anda, dan biasakan mereka untuk tidak terlalu sering jajan makanan yang kurang sehat, seperti makanan siap saji, daging olahan atau berbagai makanan lain yang dapat disajikan secara instan dan sebagainya. Jangan lupa menjelaskan manfaat tiap jenis makanan untuk tubuhnya.

Ayo Bergerak!
Batasi kegiatan menonton teve serta bermain game. Selingi kegiatan pasif dengan kegiatan aktif yang dapat menggerakkan seluruh bagian tubuhnya, seperti bermain sepeda atau bola. Jika si kecil sudah masuk usia sekolah, biasakan ia mengikuti ekstrakurikuler olahraga tertentu atau ajak ia berolahraga bersama Anda tiap akhir minggu.

Minum Air Putih
Sebanyak 80% tubuh kita terdiri dari air, sehingga air sangat dibutuhkan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan dan sekresi. Biasakan si kecil membawa bekal minum air putih tanpa campuran tambahan apapun untuk menjaga kesehatannya.

Berpikir Positif
Ajak si kecil untuk selalu optimis dan berpikir positif terhadap semua hal yang dihadapinya. Misalnya ketika sakit, cobalah untuk menyingkirkan kecemasan Anda dan menggantinya dengan sikap yang positif sehingga si kecil pun menjadi lebih optimis.

Tidak ada komentar: