:

22 April 2009

Lupa Karena Stres


“Lho, kunci motor saya dimana?”
“Dompet saya dimana neh..?”
Nah, pernahkan Anda tiba-tiba saja kehilangan daya ingat akan sesuatu yang sebenarnya merupakan hal sepele seperti di atas? Jika pernah, berarti Anda harus waspada!


Tahukah Anda, berdasar hasil penelitian para ahli di Unviersity of California, stres jangka pendek yang berlangsung hanya beberapa jam dapat merusak komunikasi sel otak di beberapa daerah yang berhubungan dengan kemampuan belajar dan daya ingat.
Pada umumnya, stres berat yang berlangsung selama beberapa pekan atau bulan dapat merusak komunikasi sel di wilayah ingatan dan kemampuan belajar di otak, tapi studi terbaru membuktikan bahwa stres jangka pendek memiliki dampak yang sama.
Dalam Journal of Neurosicence disebutkan, stres terus terjadi dalam hidup kita dan tak dapat dielakkan. Maka, para ahli pun mulai mengembangkan penelitian tentang obat yang mungkin dapat mencegah dampak yang tak diinginkan dan menawarkan pemahaman mengenai mengapa sebagian orang lupa atau memiliki kesulitan untuk mempertahankan informasi selama situasi penuh tekanan.
Dalam penelitian terungkap adanya suatu proses baru cara stress yang dapat mengakibatkan dampak itu. Mereka mendapati bahwa bukannya melibatkan hormon yang dikenal luas sebagai penyebab stres, cortisol, yang mengalir di seluruh tubuh, stres akut malah mengaktifkan molekul tertentu yang disebut corticotropin releasing hormones (CRH), yang mengganggu proses cara otak mengumpulkan dan menyimpan ingatan.
Para peneliti tersebut mendapati bahwa menghalangi interaksi molekul CRH dengan molekul reseptor menghilangkan kerusakan stres pada daerah yang terlibat dengan cara belajar dan ingatan. Tampaknya ada kumpulan yang terbentuk yang memperlihatkan kemampuan untuk menghalangi reseptor CRH, dan studi itu dapat memainkan peran dalam pembentukan terapi berdasarkan kumpulan itu guna menangani kehilangan daya ingatan dan kemampuan belajar yang berkaitan dengan stres.
Jadi, bila tiba-tiba Anda lupa menaruh gelas yang baru saja Anda gunakan atau tak ingat di mana terakhir kali meletakkan kunci mobil, hati-hati…jangan-jangan Anda stres!

Tidak ada komentar: